Jumat, 04 April 2014

ARACHIS PINTOI

ini ada contoh pembuatan etiket tempel dari tugas pembuatan herbarium kering, semoga bermanfaat :)

HERBARIUM SEMARANGENSE
Jurusan Biologi FMIPA UNNES
Gedung D11 Kampus Sekaran Gunungpati 50229
Semarang Indonesia
Date
1 April 2014
Collector
Erna Muktisari


Classification (Krapov. & W.C.Greg)
Kingdom  : Plantae
Divisi       : Magnoliophyta
Kelas        : Magnoliopsida
Ordo         : Fabales
Famili       : Fabaceae 
Genus       : Arachis
Spesies     : Arachis pintoi 
Nama lokal : Kacang Hias
Locality
Kampus UNNES
High :
Description
Karakteristik tanaman :
Arachis pintoi adalah jenis herba tahunan. Batangnya tumbuh menjalar membentuk anyaman yang kokoh, sulur akan tumbuh dari buku batang.
Mempunyai dua pasang helai daun pada setiap tangkainya, berbentuk oval dengan ukuran lebih kurang 1,5 cm lebar dan 3 cm Kacang hias ini umumnya berbunga terus menerus selama masa hidupnya, dengan 40–65 bunga/m2 setiap harinya. Setelah terjadi penyerbukan, ovary (indung telur) pada gynophore akan memanjang sampai 27 cm dan masuk ke dalam tanah sampai kedalaman 7 cm yang selanjutnya membentuk polong dan biji. Setiap polong biasanya mengandung sebuah biji.
Lingkungan yang diperlukan untuk tumbuh :
Arachis pintoi tumbuh dan berkembang dengan baik pada daerah sub tropika dan tropika, curah hujan tahunan >1.000 mm. Tahan terhadap 3–4 bulan kering, tetapi akan menggugurkan banyak daun selama periode kering tersebut. Pada tanah-tanah yang kurang air atau sering banjir,
pertumbuhannya terhambat dan daun menjadi kuning. Tanaman ini cocok tumbuh pada tanah dengan tekstur liat berat sampai berpasir, namun tumbuh lebih bagus pada tanah lempung berpasir (sandy loam). Pertumbuhan lebih baik pada tanah dengan kandungan bahan organik > 3%, dan akan terhambat pada tanah dengan kadar garam (salinity) yang tinggi. Tanaman ini dapat beradaptasi dengan baik pada kondisi kesuburan tanah rendah dan pH sangat masam, serta toleran terhadap kejenuhan aluminium yang tinggi (>70%).
Perbanyakan tanaman:
Perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan menggunakan: biji, stek, dan stolon. Untuk menutupi seluruh permukaan tanah dengan pertumbuhan seragam biasanya diperlukan waktu 2–5 bulan untuk tumbuhnya tergantung kondisi lingkungan dan jarak tanam.
Used
Pengontrol erosi, rehabilitasi lahan, pengontrol gulma dan nematode, sebagai makanan ternak.
Remark (warna asli)
Bunga berwarna kuning
Reference

Tidak ada komentar:

Posting Komentar